Senin, 04 April 2016

tekhnik penulisan naskah PR



Assalamualaikum sahabat semua. Apa kabarnya hari ini, semoga baik-baik aja, Aamiin. Nih saya akan membagikan ilmu yang saya dapat mengenai Teknik Penulisan Naskah PR. Salah satunya mengenai Advertorial.
Mungkin gak banyak yang saya dapat share buat kalin. Lain kali saya akan tambah lagi, karena kali ini saya hanya mendapatkan sedikit tentang Advertorial itu sendiri. Advertorial adalah bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial ini berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu, Advertising dan Editorial.
Pertama: Periklanan (advertising)
Adversiting atau periklanan adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
Kedua: Editorial
Editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.
Selanjutnya mengenai teknik dasar PR Writing, berikut eberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menulis:
a.       Fokus
Tulisan yang baik harus mempunyai gagasan utama, sehingga memudahkan untuk memilah berbagai bahan yang ada. Pilih bahan yang hanya ada hubungannya dengan gagasan utama. Kata dosen saya nih Kalimat yang baik itu tidak lebih dari 25 kata.
b.      Lead
Lead atau nose, isinya satu atau beberapa fakta dasar: siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana, lalu apa. Dasar ini biasa kita kenal dengan 5W+1H (who = siapa, what = apa, when = kapan, where = di mana, why = mengapa, ditambah how = bagaimana, dan lalu apa (so what).

c.       Tubuh Berita
Berisi fakta atau kutipan yang mendukung lead, termasuk menyebutkan sumber informasi.

d.      Penutup (Ending)
            Biasanya sih berisi kutipan sumber utama yang menyimpulkan isu keseluruhan, penjelasan mengenai tindakan selanjutnya atau fakta tambahan.

e.       Perbaikan Kemudian
Kalau saya tidak ragu soal bahasa ketika ide saya mengalir ketika sedang menulis. Jika terbentur pada kalimat atau paragraf yang rasanya tidak benar, saya kemudian memberi tanda. Setelah selesai menulis, saya kembali dan perbaiki.

f.       Gunakan Teknik Tanya Jawab
Ketika sedang menulis, apakah suatu paragraf membangkitkan pertanyaan yang perlu dijawab pada paragraf selanjutnya? Antisipasi pertanyaan itu dengan jawaban.

g.      Baca Kembali
Sebaiknya setiap selesai menulis satu kalimat maka bacalah kembali secara seksama. Demikian pula dengan selesai menulis secara total dalam satu judul. Akan kelihatan bagian yang tidak cocok yang tidak tertangkap oleh mata, termasuk penggunaan tanda baca. Perbaikilah. Atau bisa juga menyuru teman untuk memeriksanya.
          
h.      Periksa Akurasi
Baca ulang dan periksa nama, judul, tanda baca, dan kutipan-kutipan. Pastikan bahwa nama yang dihubungkan dengan kutipan itu benar. Periksa juga salah ketik dan ejaan.

            Oke guys, mungkin hanya itu yang dapat penulis bagikan kepada kalian. Lain waktu kita akan menyambung kembali.
            Teima kasih sudah berkunjung, salam sejahtera buat kalian semua.

Referensi:
Dosen mata kuliah Teknik Penulisan Naskah PR (ANITA TRISIAH, M.Sc) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar